Berita

SDG-4 Pendidikan Berkualitas

SDG-4 atau Quality Education menekankan pada penyediaan pendidikan berkualitas, inklusif, dan berkeadilan bagi semua lapisan masyarakat. Pendidikan yang bermutu merupakan pondasi utama dalam menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan mampu menjawab tantangan global. Perguruan tinggi memiliki peran strategis dalam mewujudkan tujuan ini melalui peningkatan kualitas pengajaran, pengembangan kurikulum berbasis riset, penyediaan beasiswa, serta perluasan akses pendidikan tinggi bagi kelompok masyarakat yang kurang terlayani.

Keterkaitan SDG-4 dengan World University Rankings (WUR) tercermin dalam Times Higher Education (THE) Impact Rankings yang menilai kontribusi universitas terhadap pembangunan pendidikan berkualitas. Universitas yang konsisten meningkatkan mutu akademik, membangun kerja sama dengan institusi global, serta menghadirkan inovasi dalam proses pembelajaran akan memperoleh nilai tambah dalam peringkat internasional.

Dengan demikian, implementasi SDG-4 bukan hanya memperkuat posisi universitas dalam kancah pemeringkatan dunia, tetapi juga meneguhkan komitmennya sebagai motor penggerak peningkatan kualitas pendidikan dan pembangunan berkelanjutan.

Berikut ada beberapa Judul Penelitian dari Dosen Fisika mengenai SDG-4 "Pendidikan Berkualitas"

Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Muka Paya Kabupaten Langkat Nazaruddin Nasution, M.Pd. (Link)
Pengembangan Desain Aplikasi Penilaian Gerak Senam Artistik Berbasis Android Mulkan Iskandar Nasution, M.Si. (Link)
PENYULUHAN BIMBINGAN KARIER KKN 32 UIN SUMATERA UTARA PADA SMA NEGERI TELADAN DESA TANAH MERAH Mulkan Iskandar Nasution, M.Si. (Link)
Aktivasi Peran Mahasiswa KKN UINSU 125 dalam Peningkatan Pendidikan dan Kesehatan di desa Sibolangit Ety Jumiati, M.Si. (Link)
Pendidikan Islam di Era Global dengan Menjaga Nilai, Merangkul Perubahan Miftahul Husnah, M.Si. (Link)
Menakar Perbedaan Kebijakan Pendidikan Studi Komparatif Antara Indonesia dan Finlandia Miftahul Husnah, M.Si. (Link)
Tinjauan Pemahaman Konsep Kinematika Dan Dinamika Mahasiswa Adelyna Oktavia Nasution, M.Si. (Link)
Analisis Deskriptif Inferensial Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring dan Luring serta Kaitannya dengan Prestasi Akademik Adelyna Oktavia Nasution, M.Si. (Link)
Analisis Preferensi Mahasiswa pada Mata Kuliah Peminatan dengan Metode Statistik Deskriptif Adelyna Oktavia Nasution, M.Si. (Link)
The Challenges Faced by Computer Science Students in Understanding Physics Adelyna Oktavia Nasution, M.Si. (Link)
Efektivitas Penggunaan Simulasi Komputer Dalam Pembelajaran Fisika Adelyna Oktavia Nasution, M.Si. (Link)
SIMULASI GERAK JATUH BEBAS MENGGUNAKAN PYTHON Adelyna Oktavia Nasution, M.Si. (Link)
Youtube sebagai Media Pembelajaran: Analisis Ketergantungan Mahasiswa Sistem Informasi Terhadap Media Youtube Sebagai Sumber Pembelajaran Pemrograman Adelyna Oktavia Nasution, M.Si. (Link)
Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Ilmu Komputer pada Mata Kuliah Fisika Adelyna Oktavia Nasution, M.Si. (Link)
UPAYA MEREMEDIASI KONSEP FISIKA PADA MATERI SUHU DAN KALOR Adelyna Oktavia Nasution, M.Si. (Link)
Pemahaman Mahasiswa terhadap Konsep Gerak Benda di Bidang Miring dalam Mata Kuliah Fisika Dasar Adelyna Oktavia Nasution, M.Si. (Link)
EKSPERIMEN LILIN AJAIB (DEMONSTRASI SAINS TEKANAN UDARAN DAN VOLUME GAS) Adelyna Oktavia Nasution, M.Si. (Link)
Pendekatan Statistik Deskriptif: Analisis Kepuasan Mahasiswa terhadap Fasilitas Kampus Adelyna Oktavia Nasution, M.Si. (Link)
Analisis Pengaruh Waktu Belajar terhadap Nilai Ujian Mahasiswa Adelyna Oktavia Nasution, M.Si. (Link)
Analisis Preferensi Mahasiswa terhadap Mata Kuliah Pilihan Menggunakan Statistik Deskriptif Adelyna Oktavia Nasution, M.Si. (Link)
Meta-analysis of the effect of applying scientifically oriented learning models on physics learning outcomes Adelyna Oktavia Nasution, M.Si. (Link)

Bergabunglah Dengan Kami

Mari bergabung dengan civitas akademika Program Studi Fisika FST UINSU UIN Sumatera Utara Medan